My Headlines

Friday, December 7, 2007

Makalah Aspek TI dalam Dunia Perbankan

Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkem-bangan teknologi informasi memper-lihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, seperti e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e. Seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.

Evolusi Ekonomi Global
Sampai dua ratus tahun yang lalu ekonomi dunia bersifat agraris dimana salah satu ciri utamanya adalah tanah merupakan faktor produksi yang paling dominan. Sesudah terjadi revolusi industri, dengan ditemukannya mesin uap, ekonomi global ber-evolusi ke arah ekonomi industri dengan ciri utamanya adalah modal sebagai faktor produksi yang paling penting. Menjelang peralihan abad sekarang inl, cenderung manusia menduduki tempat sentral dalam proses produksi, karena tahap ekonomi yang sedang kita masuki ini berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan berfokus pada informasi (information focused). Dalam hal ini telekomunikasi dan informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology).
Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam Masyarakat atau Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini juga sering disebut sebagai masyarakat pasca industri.
Apapun namanya, dalam era informasi, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga jagad ini menjadi suatu dusun semesta atau “Global village‿. Sehingga sering kita dengar istilah “jarak sudah mati” atau “distance is dead” makin lama makin nyata kebenarannya.

Peran Teknologi Informasi
Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
Bidang Keuangan dan Perbankan
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.
Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Pengembangan teknologi dan infrastruktur telematika di Indonesia akan sangat membantu pengembangan industri di sektor keuangan ini, seperti perluasan cakupan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya.
Institusi perbankan dan keuangan telah dipengaruhi dengan kuat oleh pengembangan produk dalam teknologi informasi, bahkan mereka tidak dapat beroperasi lagi tanpa adanya teknologi informasi tersebut. Sektor ini memerlukan pengembangan produk dalam teknologi informasi untuk memberikan jasa-jasa mereka kepada pelanggan mereka.
Program pengembangan sistem informasi di Indonesia
Program pengembanan sistem informasi (program 16.6.01) dimaksudkan untuk mengembangkan sistem informasi yang diperlukan untuk meningkatkan masuknya informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di dunia internasional, memperlancar pertukaran dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan sistem perencanaan, pengelolaan, pemantauan kegiatan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Besarnya biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk melakukan kajian, penelitian, penerapan penguasaan dibidang teknologi informasi selama kurun waktu tahun anggaran 1997/1998 sampai 2001 dapat dilihat pada Tabel dibawah ini. Tabel di bawah memperlihatkan APBN (rupiah murni) untuk program pengembangan sistem informasi, tahun anggaran 1997/1998 sampai 2001.
Tabel. APBN untuk pengembangan sistem informasi tahun 1997/1998 sampai 2001

No

Tahun Anggaran

Anggaran (jutaan rupiah)

1

1997/1998

28.235

2

1998/1999

32.622

3

1999/2000

24.538

4

2000

52.236

5

2001

30.956


Dasar Pemanfaatan TI dalam Dunia Perbankan
Electronic commerce (EC) merupakan sebuah konsep pembelian dan penjualan suatu produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer termasuk Internet. Electronic Commerce (Perdagangan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, "e-commerce is a part of e-business".
Media elektronik yang dibicarakan di dalam tulisan ini untuk sementara hanya difokuskan dalam hal penggunaan media internet. Pasalnya, penggunaan internetlah yang saat ini paling populer digunakan oleh banyak orang, selain merupakan hal yang bisa dikategorikan sebagai hal yang sedang ‘booming’. Perlu digarisbawahi, dengan adanya perkembangan teknologi di masa mendatang, terbuka kemungkinan adanya penggunaan media jaringan lain selain internet dalam e-commerce. Jadi pemikiran kita jangan hanya terpaku pada penggunaan media internet belaka.
Penggunaan internet dipilih oleh kebanyakan orang sekarang ini karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan internet, yaitu:
1. Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar (huge/widespread network), layaknya yang dimiliki suatu jaringan publik elektronik, yaitu murah, cepat dan kemudahan akses.
2. electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.
E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet.
Julian Ding dalam bukunya E-commerce: Law & Practice, mengemukakan bahwa e-commerce sebagai suatu konsep yang tidak dapat didefinisikan. E-commerce memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.
Sedangkan Onno W. Purbo dan Aang Wahyudi yang mengutip pendapatnya David Baum, menyebutkan bahwa: “e-commerce is a dynamic set of technologies, aplications, and business procces that link enterprises, consumers, and communities through electronic transaction and the electronic exchange of goods, services, and information”. Bahwa e-commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan public. Jika diklasifikasikan, sistem e-commerce terbagi menjadi tiga tipe aplikasi, yaitu:
• Electronic Markets (EMs)
• Electronic Data Interchange (EDI)
• Internet Commerce

ATM (Automatic Teller Machine)
Penggunaan ATM (automatic teller machine) dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi. Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun.
Sistem perbankan seperti ini pertama kali muncul di New York, Amerika Serikat pada tahun 1969 di mana Chemical Bank adalah bank pertamkali menggunakan sistem ini (Kent W. Colton & Kenneth L. Kraemer. 1980 : 8).
Bentuk transaksi seperti ini telah digunakan secara luas di seluruh dunia. Bahkan bukan saja pada satu negara saja bahkan kartu yang dikeluarkan di satu negara tertentu dapat melakukan transaksi di negara-negara lain yang mempunyai kemudahan ini. Melalui mesin ATM ini, para pendeposit dapat mengakses account mereka masing-masing dengan menggunakan nomor PIN yang diberikan oleh pihak institusi keuangan. Mereka bukan saja dapat mengeluarkan uang dari simpanan mereka, bahkan juga dapat membuat pembayaran dan sebagainya. Cara ini memberikan kemudahan kepada para pengguna karena menghemat waktu dan memudahkan para pelanggan menggunakannya tanpa batas waktu karena dibuka selama 24 jam.

E-Payment (Sistem Pembayaran Elektronik)
E-Payment adalah pembayaran secara online dimana anda dapat membayarnya melalui bank online. Dengan adanya E-Payment, proses transaksi pun akan berjalan lebih mudah. Bila Customer ingin membayar, cukup duduk di depan komputer dan membayarnya lewat E-Payment, tidak perlu lagi pergi ke perusahaan tersebut untuk membayarnya. Dalam E-Payment tersebut tersedia layanan pembayaran piutang lewat bantuan perbankan. Dalam situs web perusahaan, Customer cukup menginput kode ID, nama lengkap, jumlah pembayaran serta kode rekening untuk melakukan pembayaran. Setelah pembayaran terlaksana dan Bank pun telah menerima uangnya, Bank akan mengkonfirmasikan ke perusahaan dan secara otomatis daftar jumlah piutang Customer diperusahaan akan berkurang sesuai nilai pembayaran yang dilakukan.
Penerapan E-Payment adalah untuk menigkatkan pelayanan bagi dunia usaha dan masyarakat untuk memudahkan transaksi yang menggunakan uang kecil (uang recehan), seperti membayar tol, parkir di Mall atau Gedung Perkantoran, membeli BBM di SPBU atau membayar tagihan listrik, telepon, air dan tagihan kartu kredit. Menerima dan membuat bayaran melalui internet secara elektronik dengan mudah, cepat dan aman.
Paypal ialah sistem yang membolehkan peniaga menerima bayaran daripada pembeli secara elektronik. Jika anda ingin menjual produk dan servis melalui internet, paypal adalah jawapannya. Anda hanya perlu membuka satu akaun untuk tujuan tersebut.
Paypal dikenalpasti antara salah satu online merchant yang boleh dipercayai dalam membuat pembayaran dengan cepat, mudah dan selamat. Pendaftaran untuk membuka akaun Paypal adalah percuma dan dua jenis akaun disediakan iaitu Personal Account dan Business Account. Anda boleh terus menggunakan perkhidmatan ini tanpa perlu membayar yuran pendaftaran kerana pendaftaran adalah percuma. Klik logo di bawah ini untuk mendaftar sekarang.

Fungsi Paypal
Pembeli yang masuk ke halaman web Paypal (atau halaman web yang mempunyai integrasi Paypal seperti eBay) memasukkan alamat e-mail serta jumlah yang ingin dibayar. Penjual kemudian akan menerima satu pesan melalui e-mail. PayPal berfungsi seperti sebuah bank maya. Sebagaimana sebuah bank, PayPal juga mempunyai polisi yang melindungi penggunanya.

Perbedaan Paypal dan E-Gold
Apa yang menarik tentang Paypal adalah pembeli yang ingin membeli barang melalui web tidak perlu membuka account paypal. Mereka dapat terus membeli dengan mengklik pada tombol beli yang disediakan. Pembeli akan diminta memasukkan beberapa pernyataan penting seperti kartu kredit. Setelah kartu kredit pelanggan diproses, uang akan dimasukkan ke dalam account anda.
Terdapat beberapa persamaan yang terdapat antara PayPal dan E-Gold. Kedua-duanya adalah payment processor. Apa yang memberdakan ialah Paypal dinilai dalam mata uang USD sedangkan E-Gold dinilai berdasarkan kadar berat emas. PayPal juga tidak memerlukan pendaftaran kepada pembeli tetapi tidak pada E-Gold dan pemindahan uang E-Gold hanya dapat dilakukan antara pemegang account E-Gold saja.
Baru-baru ini ada topik tambahan, yaitu munculnya standar EMV yang diusung oleh Europay, Mastercard, dan Visa. (Itulah sebabnya singkatannya adalah EMV.) Mereka membuat sebuah standar dengan basis smartcard untuk menggantikan magentic stripe yang ada di belakang kartu kredit/ATM kita. Nah, apakah kita (Indonesia) sebaiknya menerima standar tersebut atau membuat standar sendiri? Ada pro dan kontranya. Kalau kita menggunakan standar EMV maka kita bergantung kepada vendor tersebut. (Standar kok bergantung kepada perusahaan ya?) Akan tetapi jika kita menggunakan standar EMV tersebut maka interoperability lebih terjamin. Misalnya kita ke luar negeri, kartu kredit kita bisa diterima di semua tempat (yang menggunakan EMV tentunya).
Standar nasional bisa bermanfaat kalau kita memanfaatkannya untuk mengembangkan industri dalam negeri. Jadi kita bisa “mengunci” teknologinya dengan menggunakan teknologi dalam negeri.

Sumber :
• Natakusumah, E.K., “Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia.”, Pusat Penelitian informatika – LIPI Bandung, 2002
• Natakusumah, E.K., “Perkembangan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran Jarak Jauh.”, Orasi Ilmiah disampaikan pada Wisuda STMIK BANDUNG, Januari 2002.
• http://fel88.wordpress.com/2007/10/08/konsep-e-technology/
• http://www.kadin.or.id/forum/foruminfo/show.php?f=0&topic=20060801151349&u=1
• http://www.ilmuit.com/content.php?review.207
• http://rahard.wordpress.com/2006/07/13/revolusi-sistem-pembayaran-elektronik/

0 comments:

REYHAN SELLULER

REYHAN SELLULER

Agen Pulsa Elektrik Super Murah, harga terjangkau layanan super cepat.Sejumlah fitur telah kami persiapakan untuk mendukung kelancaran transaksi anda, seperti :
- Transaksi multi
(mengisi beberapa nomor dengan kode voucher berbeda dalam satu format pengiriman).
- Mendaftarkan,memblokir dan mensetting harga downline.
- Mengganti dan menambah HP Utama / paralel.
- Melakukan transaski via yahooo messenger.
Harga paling murah AS5/6325, AS10/11550...
Kontak :
YM : johan_djula

Iklan / Promosi

Setiap pendaftaran referal baru dengan menggunakan link saya diatas akan mendapatkan 7 buah e-book panduan Google Adsense seharga $ 49, saya berikan gratis untuk anda. Syarat : kirimkan userID anda yang telah terdaftar dan email, setelah saya ferifikasi e-book akan saya kirimkan ke alamat email anda. Pastikan refferal id "Detektiveeddy"

Dengan harga terjangkau dan dikirim menggunakan layanan jasa pengiriman TIKI JNE.

Harga Rp. 10.000/DVD, Only DVD Harga Rp. 17.500/DVD, DVD + Box + Cover + InkJet Papper Cover List Game Klik Download

Anda Bingung? BBM melambung, sementara nasib masih luntang-lantung? Jangan Bingung, ada peluang Bisnis untuk Anda! Tak perlu modal muluk-muluk, cukup modal awal Rp. 100.000,- (bukan arisan berantai, apalagi money game). SUDAH TERBUKTI: MEMBUAT SUKSES RIBUAN ORANG !!!!!! MOTTO: AKU BENCI KEMISKINAN Klik saja HERE
Kontak YM/email: johan_djula@yahoo.co.id